Yamaha Grand Filano, motor Hybrid nan irit!

grand filano hybrid

dapatkabar.com,- Siapa tak kenal dengan Yamaha, pabrikan otomotif asal jepang ini sudah ada di Indonesia sejak 1974. Dengan tag line “semakin di depan” yamaha terus maju membawa produk yang inovatif dan berbeda dari pabrikan lainnya di Indonesia. Disaat pabrikan jepang lain enggan untuk masuk dalam pasar motor hybrid, yamaha membuka pasar tersebut dengan motor Yamaha Grand Filano. ‘

 

Motor Yamaha Grand Filano menggendong mesin 4 strokes berkapasitas 124.96 cc, SOHC, berpendingin udara. tenaga maksimal dari mesin motor ini adalah 6.0 kW pada 6500 rpm dengan torsi maksimal 9,7 Nm pada putaran 5000 rpm di klaim dapat memberikan efisiensi pada motor ini hingga 55,6 km/liter

 

Selain mesin diatas, Yamaha Grand Filano juga menggendong extra Aki lebih besar, dengan SMG (Smart Motor Generator) motor starter yang lebih besar yang digunakan dalam skema hybrid motor ini. Skema hybrid motor ini adalah dengan membuat motor SMG membantu mesin mendorong motor pada saat start awal, hal yang dihasilkan adalah motor ketika baru berjalan akan lebih terasa enteng dan tentunya akan memberikan impact pada keiritan bahan bakarnya juga. 

 

Hybrid dalam motor ini dinamakan Hybrid assist, Hybrid Assist ini memang tidak bisa bekerja sendiri, hanya membantu memberikan tambahan tenaga selama 3 detik dari kondisi motor berhenti total saat berakselerasi. Hybrid Power Assist akan aktif saat putaran mesin di atas 1.300 rpm dan akan otomatis mati setelah 3 detik atau saat rpm mesin mencapai 5.500 rpm.

 

Menariknya baik di Yamaha Grand Filano Hybrid Connected tidak menggunakan batterai lithium tambahan yang biasanya ada di teknologi hybrid konvensional yang digunakan mobil atau motor. Motor ini hanya dibekali aki yang lebih besar yakni ytz6v yang berfungsi juga sebagai sumber tenaga utama untuk SMG nya dapat bekerja. 

 

Yamaha Grand Filano yang berdesign retro ini sangat cocok untuk anak muda yang ingin stand out dan berbeda, motor ini dibanderol mulai 27 jutaan untuk OTR jakata. Tertarik untuk memilikinya?