WhatsApp Meningkatkan Keamanan Pengguna Komunitas dengan Fitur “Phone Number Privacy”

Dapat KabarWhatsApp, platform perpesanan instan yang populer, telah meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan pengguna dalam Komunitas. Fitur ini dikenal dengan nama “Phone Number Privacy” atau privasi nomor ponsel, dan bertujuan untuk memastikan bahwa nomor WhatsApp yang terdaftar tidak dapat dilihat oleh anggota komunitas lainnya.

Lapisan keamanan baru ini telah tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Namun, saat ini, fitur ini belum tersedia dalam versi WhatsApp Android 2.23.13.76. Menurut WABetaInfo, situs yang sering memberikan bocoran fitur-fitur baru WhatsApp, fitur ini baru tersedia bagi sebagian kecil pengguna dan kemungkinan akan segera diluncurkan secara merata kepada semua pengguna.

Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan pengguna dalam Komunitas WhatsApp. Sejak awal bergabung dalam Komunitas, daftar anggota yang tergabung sebenarnya sudah disembunyikan oleh sistem. Pengguna juga tidak dapat berinteraksi atau memberikan respons di dalam ruang obrolan, termasuk memberi reaksi emoji. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan nomor ponsel anggota dari anggota lainnya.

Setelah fitur ini tersedia untuk semua pengguna, anggota Komunitas akan dapat berinteraksi dalam grup pengumuman komunitas secara anonim. Pengguna juga tetap dapat memberikan emoji reaksi di Komunitas tanpa menampilkan nomor ponsel anggota. Selain itu, di masa mendatang, pengguna dapat mengirim pesan pribadi ke anggota lain walaupun nomor ponselnya disembunyikan.

Namun, pengirim pesan harus mengirim permintaan pengiriman pesan kepada penerima terlebih dahulu, dan penerima dapat memilih apakah ingin membagikan nomor ponselnya atau tidak.

Fitur Phone Number Privacy telah dijelaskan dalam tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo. Ketika pengguna membuka Komunitas di WhatsApp, akan muncul jendela notifikasi baru yang memberi tahu pengguna tentang peningkatan privasi nomor ponsel mereka.

Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa nomor ponsel pengguna hanya dapat dilihat oleh admin Komunitas, pengguna yang menyimpan nomor ponsel pengguna tersebut di kontak mereka, atau pengguna yang memiliki nomor ponsel pengguna tersebut di ruang obrolan lainnya. Anggota Komunitas lainnya tidak dapat melihat nomor ponsel pengguna dalam ruang obrolan.

Fitur Phone Number Privacy secara tidak langsung melindungi informasi detail profil seseorang dari anggota lainnya. Namun, jika pengguna adalah admin di dalam Komunitas WhatsApp, nomor ponsel mereka akan muncul dan dapat dilihat oleh semua anggota. Aturan ini hanya berlaku jika pengguna mengatur diri mereka sebagai admin.

Untuk mendapatkan pembaruan terkini dari fitur-fitur WhatsApp, pastikan untuk secara berkala memperbarui aplikasi melalui Google Play Store dan Apple App Store, toko aplikasi resmi untuk perangkat Android dan iOS. Dengan memastikan aplikasi WhatsApp Anda selalu diperbarui, Anda dapat menikmati fitur-fitur terbaru dan meningkatkan keamanan pengalaman menggunakan WhatsApp dalam Komunitas.

Sumber : kompas.com