WhatsApp Business Siap Hadirkan Fitur Multi-Account untuk Kemudahan Pengguna!

Dapat Kabar – Kabar baik datang bagi pengguna WhatsApp yang telah lama menantikan fitur baru yang menarik. WhatsApp Business sedang mengembangkan fitur multi-account yang akan memungkinkan pengguna untuk memasang beberapa akun berbeda dalam satu handphone (HP).

Fitur ini saat ini sedang diuji oleh WhatsApp untuk aplikasi WhatsApp Business. Menurut laporan dari WABetaInfo, situs yang kerap memberikan bocoran tentang fitur-fitur baru WhatsApp, fitur multi-account muncul dalam pembaruan versi beta 2.23.13.5 WhatsApp Business untuk perangkat Android.

Pembaruan ini dapat ditemukan di Google Play Store. Meskipun fitur multi-account sudah umum digunakan dalam beberapa aplikasi seperti Instagram, Gmail, TikTok, dan sebagainya, kini WhatsApp Business juga akan memiliki fitur serupa.

Jika Anda sudah akrab dengan fitur multi-account di Instagram, Anda akan menemukan kemiripan dengan fitur multi-account di WhatsApp Business. Berdasarkan gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo, pengguna akan mendapatkan menu yang memungkinkan mereka menambahkan atau login dengan akun WhatsApp yang berbeda dari yang saat ini digunakan. Akun tambahan ini akan tersimpan dalam satu HP yang sama.

Dengan fitur multi-account ini, pengguna dapat dengan mudah beralih antara akun WhatsApp tanpa harus berganti perangkat atau ponsel. Fitur ini akan sangat memudahkan dalam mengelola percakapan pribadi maupun bisnis dalam satu perangkat. Selain itu, fitur ini juga akan mempermudah admin dalam mengelola akun-akun yang sebelumnya terpisah di berbagai perangkat.

Saat ini, fitur multi-account sedang diuji coba. Namun, kemungkinan besar fitur ini juga akan dirilis untuk aplikasi WhatsApp “reguler” karena tidak ada indikasi bahwa fitur ini dibuat khusus hanya untuk WhatsApp Business.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai jadwal rilis fitur multi-account untuk WhatsApp “reguler”. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan oleh perusahaan dan akan dirilis kepada pengguna beta melalui pembaruan berikutnya.

Saat ini, pengguna WhatsApp hanya dapat menggunakan satu akun di satu HP. Meskipun demikian, perusahaan memungkinkan pengguna untuk memasang akun yang sama pada empat perangkat yang berbeda, termasuk web browser, tablet, dan desktop.

Sejak bulan April lalu, WhatsApp juga mengizinkan pengguna untuk memasang satu akun yang sama pada empat HP sekaligus. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah beralih antara beberapa ponsel tanpa harus logout dan melanjutkan percakapan terakhir dari perangkat sebelumnya.

Bagi pemilik WhatsApp Business, karyawan sekarang dapat menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan menggunakan akun WhatsApp Business yang sama. Ini akan mempermudah proses komunikasi dan responsifitas dalam menjalankan bisnis.

Sumber : kompas.com