Warung Mie Ayam Pocong yang Laris Usai Digosipin Pesaing

Dapat Kabar – Solo memiliki tempat makan dengan nama unik, yakni Mie Ayam Pocong. Pemilik warung, Hadi (60) menggunakan nama tersebut usai usahanya digosipkan menggunakan penglaris. 

Hadi memulai usaha warung mi ayam pada 1991 di sekitar Tugu Lilin. Lalu pada awal 2000-an, ia memutuskan mengubah nama warung usahanya menjadi Mie Ayam Pocong.  

Keponakan Hadi yang juga karyawan, Sugeng Riyadi (40) mengatakan, penggantian nama itu awalnya karena gosip yang disebutnya dari pesaing bisnis. Saat itu, Hadi digosipkan menggunakan penglaris untuk usaha mi ayamnya.

Dari gosip tersebut, Hadi justru memiliki ide menarik. Meskipun ia tahu gosip miring itu digunakan untuk menghancurkan bisnisnya. 

“Tahun 2000-an mulai muncul nama Mie Ayam Pocong, lalu kita jadikan strategi marketing sekalian,” kata Sugeng. 

Perubahan nama tersebut berhasil menarik banyak perhatian konsumen, salah satunya Dita (27). Ia mengaku penasaran dengan kata “pocong” yang disematkan pada nama warung.  

“Di Medsos terkenalnya dengan mie ayam pocong jadi saya penasaran, tapi ternyata tidak ada ornamen hantunya. Kalau makanannya, enak sih. Cuma porsinya kurang banyak,” ucapnya. 

Awalnya warung milik Hadi ini menggunakan tenda di pinggir Jalan Joko Tingkir, Pajang, Laweyan, Solo. Kini, Hadi sudah memiliki bangunan baru untuk usaha mie ayamnya.

Belakangan, ia harus memindahkan lokasi warungnya lagi. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan perbaikan pedestrian pada 2021. Tempatnya tidak jauh dari lokasi sebelumnya. 

Sugeng menyebut omset warung mi ayamnya di tempat baru tetap stabil. Terlebih pada musim libur Lebaran 2023 omzetnya naik hampir 40 persen dibandingkan hari biasa.

“Lebaran ini kita siapkan mie 40-45 kilogram, kalau hari biasa 25-30 kilogram,” tambah Sugeng. 

Mie Ayam Pocong atau Mie Ayam Tugu Lilin Pajang dijual dengan harga Rp 12.000 per porsi. Satu porsi mi dilengkapi aneka lauk seperti ceker, ampela, hati, kepala ayam, dan tahu.  

Warung mi ayam ini beralamat di Jalan Joko Tingkir Nomor 1, buka dari pukul 12.00-21.30 WIB. 

Sumber: Kompas