Tragedi Kehilangan Pria Obesitas Berbobot 200 Kg Asal Tangerang

Dapat Kabar – Kisah pilu seorang pria obesitas asal Tangerang, Cipto Raharjo, berbobot 200 kg, menyentuh hati banyak orang. Sayangnya, perjuangannya untuk bertahan hidup berakhir pada Rabu (19/7/2023) dini hari pukul 03:32 WIB di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Ia sebelumnya dirujuk dari RSUD Kota Tangerang dengan keterbatasan alat dan tenaga medis.

Pengumuman mengenai kepergian Cipto Raharjo disampaikan oleh RSCM melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom pada Kamis (20/7). Beliau meninggal dunia akibat gagal napas, kondisi yang telah memperberat perjalanan perawatannya.

Dalam upaya menyelamatkan nyawa Cipto, tim medis RSCM telah memberikan perawatan intensif selama lebih dari 9 hari. Tim multidisiplin yang terdiri dari sembilan dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya berusaha dengan segala daya dan upaya.

Kondisi Cipto Raharjo sangat kritis ketika ia dirujuk ke RSCM pada tanggal 11 Juli 2023. Oleh karena itu, ia ditempatkan di ruang rawat inap intensif untuk mendapatkan perawatan maksimal dan terbaik.

Pemulasaraan jenazah Cipto dilakukan dengan mengikuti ajaran agama Islam di RSCM. Setelah proses pemulasaran, pengurusan jenazah dilanjutkan oleh pihak keluarga. RSCM memberikan bantuan hingga pengantaran jenazah ke mobil pemakaman sebagai bentuk penghormatan terakhir bagi sang pasien.

Plt Direktur Utama dan Jajaran Direksi RSCM, tim dokter, dan tim tenaga medis menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Cipto Raharjo. Semua yang terlibat dalam perawatannya merasa terpukul oleh kepergian pria berhati mulia ini.

Cerita Cipto Raharjo menjadi peringatan bagi kita semua tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengenali risiko obesitas. Semoga kepergian beliau dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan hidup lebih sehat, serta memberikan dukungan dan perhatian lebih pada pasien-pasien yang membutuhkan perawatan medis khusus. Semoga Cipto Raharjo diberikan tempat yang layak di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan untuk menghadapi duka yang mendalam.

Sumber : detik.com