Teknologi Buatan Mahasiswa Meraih Prestasi Gemilang dalam Kompetisi Astranauts 2023!

Dapat Kabar – Di tengah gempuran teknologi yang terus berkembang, prestasi tak terbendung diraih oleh tiga teknologi buatan mahasiswa yang berhasil meraih juara dalam kompetisi inovasi digital dan teknologi Astranauts 2023 yang diselenggarakan oleh perusahaan ternama, Astra. Gelaran spektakuler “Demo Day & Awarding Astranauts 2023” pada Rabu, 7 Juni 2023 menjadi ajang penghargaan bagi mahasiswa dan startup pemenang.

Menjalankan tema menarik “Membangun Masa Depan Berkelanjutan Melalui Teknologi,” Astranauts 2023 mempertontonkan masa depan yang berkelanjutan dengan teknologi canggih. Para pemenang dengan gagasan inovatif mereka mengusung bidang keberlanjutan, teknologi pendidikan, perkembangan teknologi, kesehatan, agrobisnis, mobilitas, teknologi finansial, logistik, serta media baru.

“Demi mendukung ekonomi digital Indonesia, Astra meluncurkan Astranauts sejak tahun 2022. Ini adalah wujud nyata dukungan kami terhadap inovasi digital untuk startup dan mahasiswa di Indonesia, sekaligus menjawab tantangan bisnis dan teknologi dengan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi Indonesia,” ucap Direktur Astra, Santosa, sambil membacakan sambutan dari Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro.

Masa pendaftaran Astranauts berhasil mengumpulkan lebih dari 900 ide inovatif dari 2.200 peserta. Setelah proses seleksi ketat, akhirnya terpilihlah 23 finalis yang terdiri dari 12 startup dan 11 mahasiswa. Mereka semua mendapatkan kesempatan berharga untuk mendapatkan mentorship dari para pakar industri selama dua pekan, serta mempresentasikan konsep bisnis dan ide inovatif mereka kepada Direksi Astra dalam acara Demo Day yang berlangsung megah.

Setelah melalui serangkaian penjurian yang ketat, terpilihlah tiga pemenang dalam kategori startup dan tiga pemenang dalam kategori mahasiswa. Pada kategori startup, juara pertama diraih oleh Fazpass, sedangkan juara kedua diberikan kepada Blitz Electric Mobility. Sementara itu, Seratuspersen Anak Nusantara berhasil memboyong gelar juara ketiga.

Tidak ketinggalan, dalam kategori mahasiswa, prestasi tertinggi berhasil diraih oleh Karla Bionics sebagai juara pertama. Moona menyusul di posisi juara kedua, sementara myECO meraih gelar juara ketiga. Mereka semua menunjukkan dedikasi dan bakat luar biasa dalam mengembangkan teknologi yang berdampak positif.

Prestasi luar biasa ini membuktikan bahwa semangat inovasi dan dedikasi tanpa henti dari para mahasiswa dan startup muda Indonesia mampu bersaing di tingkat nasional. Astranauts 2023 memberikan kesempatan bagi generasi penerus untuk terus berin

ovasi dan menjadi penggerak utama perubahan positif dalam menjawab tantangan masa depan.

Selamat kepada para pemenang Astranauts 2023! Kalian adalah pahlawan masa depan yang akan membawa Indonesia ke arah kemajuan dan keberlanjutan melalui teknologi canggih. Teruslah berkreasi dan berinovasi, karena langit tidak lagi menjadi batas bagi kalian, para astronot masa depan!

Sumber : tempo.co