Tanaman Ini Bisa Bantu Kurangi Polusi Udara di dalam Ruangan

Dapat KabarPolusi udara membuat kualitas udara di sejumlah wilayah Indonesia semakin memburuk. Salah satu kelompok yang paling rentan terhadap polusi udara adalah anak-anak.

dr Darmawan Budi Setyanto, Dokter spesialis konsultan respirologi anak, mengungkapkan bahwa anak-anak rentan terhadap polusi karena memiliki laju bernapas yang lebih besar. Akibatnya, udara yang dihirup akan lebih banyak.

“Secara fisiologis, anak-anak bernapas dengan laju napas yang lebih besar sehingga kalau dihitung per kilogram berat badannya, udara yang dihirup lebih banyak,” ujar dr Darmawan dalam konferensi pers daring Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Jumat (18/8/2023).

“Akibatnya, polutan yang terhirup juga lebih banyak pada anak-anak daripada orang dewasa,” imbuhnya.

Polusi di dalam ruangan, lanjut dr Darmawan, merupakan salah satu pemicu risiko penyakit bagi anak yang jarang disadari. Maka dari itu, orang tua diimbau untuk meminimalisir munculnya polutan di dalam rumah, salah satunya dengan menanam tanaman.

“Banyak-banyak menanam pohon untuk menciptakan daerah yang hijau dan hindari rokok. Selain itu, gunakan alat penjernih udara, seperti air purifier di dalam rumah,” imbau dr. Darmawan.

“Kemudian, di rumah juga dianjurkan untuk menggunakan gorden yang tebal dan jangan biasakan membakar sampah di rumah,” imbuhnya.

Sementara mengutip dari Healthline, pada 1989 silam, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bahwa tanaman hias dapat menetralisir ruangan tertutup dengan sedikit aliran udara dari racun berbahaya, salah satunya polusi.

Berikut sejumlah tanaman hias dalam ruangan yang diklaim dapat menyaring polusi menurut NASA, yakni.

  1. Tanaman Laba-laba
  2. Bunga Lili
  3. Tanaman Dracaena
  4. Golden Pothos
  5. Pohon Pinang

Sumber: CNBC Indonesia