Sunat Bagi Pria Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Dapat KabarSunat bagi pria ternyata membawa sejumlah manfaat untuk kesehatan. Mungkin bagi beberapa orang, sunat adalah bagian dari ritual keagamaan. 

Sunat pada pria adalah operasi kecil untuk menghilangkan kulit penutup ujung penis atau kulup. Kulup sebernanya berfungsi untuk melindungi kepala penis dan mendorong sensasi seksual. 

Faktanya, menghilangkan bagian tersebut ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Sunat Pria Untuk Kesehatan

  1. Menjaga kebersihan 

Seorang pria bisa terhindar dari berbagai penyakit terkait organ intim. Pasalnya, sunat membuat pria lebih mudah mencuci penis. 

  1. Menurunkan risiko infeksi saluran kemih 

Risiko infeksi saluran kemih pun lebih kecil, karena membuat pria lebih mudah menjaga kebersihan. 

  1. Menurunkan risiko penyakit menular seksual 

Praktik seksual yang aman memang penting. Namun, pria yang disunat memiliki risiko lebih rendah terhadap infeksi menular seksual tertentu, termasuk HIV.

  1. Pencegahan masalah penis 

Pria yang tidak disunat berisiko terkena peradangan kulup atau kepala penis. Kadang-kadang, kulup pada penis yang tidak disunat sulit atau tidak mungkin ditarik kembali (fimosis). 

  1. Penurunan risiko kanker penis 

Risiko pria yang disunat untuk mengalami kanker penis juga lebih kecil, meskipun jarang terjadi. Wanita dengan pasangan yang sudah disunat juga kecil kemungkinannya mengalami kanker serviks. 

Sunat juga bisa meningkatkan kesuburan pria secara tak langsung. Dengan sunat, pria bisa terhindar dari risiko infeksi dan penyakit menular seksual. Jadi, khitan dapat berdampak pada kesuburuan pria. 

Proses sunat biasanya dilakukan saat masih usia anak-anak. Namun, orang dewasa juga bisa melakukan sunat. Akan tetapi, sunat saat dewasa biasanya membutuhkan prosedur anestesi dan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Sumber: Kompas