Soal Body Checking Miss Universe Indonesia, Rio Motret Bantah Terlibat

Dapat Kabar – Mantan Direktur Visual Miss Universe Indonesia (MUID) Rio Motret, membantah dirinya terlibat dalam pengecekan badan (body checking) finalis MUID 2023.

“Saya klarifikasi sedikit di sini bahwa saya itu tidak terlibat dalam pemotretan telanjang yang dilakukan oleh tim MUID,” ujar Rio dalam konferensi pers yang digelar di Nur Corner, Jakarta Selatan, Senin (7/8).

Ia mengakui bahwa dirinya dan Elden Wang, mantan CEO MUID, berada di hotel yang sama dengan para finalis. Namun, keduanya berada di ruangan berbeda. Rio dan Elden hanya menerima komplain dari finalis dan melaporkannya pada provincial director (PD).

Menurutnya, ia dan Elden menindaklanjuti komplain dengan menegur dan meminta staf untuk menghapus foto dari ponselnya. Masalah ini pun dilaporkan pada PD berikut dengan proses penghapusan foto.

“Mentang-mentang saya seorang fotografer, dikira saya yang foto bugil, padahal saya sangat menghormati perempuan,” imbuhnya.

Saat itu, dirinya dan Elden geram sebab sebetulnya tidak ada agenda body checking dalam rundown acara, apalagi sampai menelanjangi finalis.

Ia juga telah mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang MUID dengan alasan masa kontrak yang sudah habis dan perbedaan visi-misi dengan beberapa pihak.

Awalnya, Rio melihat organisasi MUID adalah organisasi baru dan segar. Karena kebanyakan anak muda, dia menganggap MUID bisa dibawa lebih modern. Namun dalam perjalanan, ada banyak visi dan misi yang berbeda.

“Kita mengawali semua ini dengan baik-baik dan bertujuan mau membesarkan nama Indonesia di kancah internasional. Tapi kita enggak tahu ada pihak lain di perjalanan ini berubah konsep atau visi misi, makanya lebih baik ketika kontrak saya habis, saya memilih mengundurkan diri dan tidak tergabung lagi dalam MUID,” ujarnya.

Sumber: CNN Indonesia