Sertifikat mengemudi bakal jadi syarat untuk buat SIM!

SIM

dapatkabar.com,- Polri menyebut pemberlakuan syarat sertifikat mengemudi untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bertujuan baik. Terutama untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

 

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah, mengungkap alasan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, menyertakan sertifikat mengemudi bagi masyarakat yang hendak membuat surat izin mengemudi atau SIM.

 

Jelas dia, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (anev kamseltibcar lantas), menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang besar antara pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan kemampuan berkendara, wawasan, pengetahuan serta etika berlalu lintas individu yang terlibat.

 

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, penyertaan sertifikat mengemudi sebetulnya bukan kebijakan baru. Melainkan aturan lama yang baru akan diaktifkan sekarang.

 

“Berkaitan dengan hal tersebut maka, masyarakat pemohon penerbitan SIM harus memenuhi syarat dan kriteria teknis, pengetahuan serta perilaku sebagai pengemudi yang baik, taat dan bertanggung jawab,” kata Nurul, di Jakarta pada Rabu, 21 Juni 2023.

 

Ketentuan ini, kata dia, tetap diberlakukan dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi serta dalam Peraturan Kepolisian Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

 

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, penyertaan sertifikat mengemudi sebetulnya bukan kebijakan baru. Melainkan aturan lama yang baru akan diaktifkan sekarang.

 

Terkait harga untuk mendapatkan sertifikat itu bervariasi. Mulai dari yang termurah mulai dari Rp 1.390.000-Rp 3.500.000. Harga ini sudah termasuk dengan kursus mulai dari durasi 4-12 jam.

 

Sebagai catatan, hingga kini sekolah mengemudi itu baru hanya mengeluarkan sertifikat pendidikan mengemudi untuk kendaraan roda empat atau mobil. Sedangkan motor mereka mengaku tak ada sertifikat. (jpc)

 

Sudah siap ikut kelas mengemudi untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) mu? Sampaikan komentarmu di social media kami ya!

Sumber : www.viva.co.id & https://radarbekasi.id