Seblak Rafael Tan Viral di TikTok, Cara Bikinnya Gampang Banget

Dapat Kabar – Jajanan seblak versi personil SMASH Rafael Tan viral di media sosial TikTok. Hal yang menarik perhatian dari seblak buatan Rafael ini karena disajikan di dalam cobek ulek. 

Seperti diketahui, seblak merupakan makanan khas Sunda yang berasal dari wilayah Parahyangan. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. 

Asal-usul Seblak

Kata seblak merupakan singkatan dari dua kata, segak dan nyegak. Kedua istilah tersebut berasal dari bahasa Sunda yang artinya kurang lebih ‘menyengat’. Hal ini dicirikan dengan penggunaan kencur dalam masakan seblak. 

Kuliner yang dikenal dari Bandung ini mulai populer sekitar tahun 2000an. Seblak diduga sudah ada di Garut dan Cianjur Selatan sebelum jaman kemerdekaan. Saat itu, seblak dikenal dengan Kurupuk Leor, karena teksturnya yang ngaleor atau lemas. 

Konon, seblak lahir saat terjadi krisis pangan di Selatan Parahyangan akibat dari penjajahan. Akan tetapi, belum ada catatan atau sumber yang jelas mengenai asal-usul dari makanan Kurupuk Leor. 

Seiring berjalannya waktu, seblak menjadi jajanan yang digemari masyarakat di wilayah Pulau Jawa bagian barat. Makanan ini tentunya mengalami perkembangan sesuai dengan tren. Kini seblak tak hanya disajikan dengan isian aslinya. 

Biasanya seblak disajikan berkuah, namun berbeda dengan versi Rafael. Selain disajikan di dalam cobek, seblak buatan penyanyi ini terlihat tidak berkuah dan sederhana. 

Terlihat menggiurkan, warganet pun penasaran dengan resep seblak ala Rafael. Simak cara membuat seblak Rafael berikut ini. 

Resep Seblak Rafael

Dilihat dari unggahan akun TikTok @rafaell_1616, bahan-bahan yang digunakan Rafael pun tidak begitu banyak. Ia hanya menyiapkan 4 siung bawang putih, 2 ruas kencur, 4 cabe rawit, 1 batang daun bawang. 

Rafael mengulek sendiri bahan-bahan tersebut menggunakan cobek hingga halus. Setelah halus, ia mencampurkan minyak goreng panas secukupnya dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. 

Ketika bumbu sudah tercampur rata, Rafael menambahkan krupuk bunga putih sebagai bahan dasar seblak. Bercampur dengan bumbu dan minyak, tekstur krupuk pun menjadi lembek seperti seblak pada umumnya. 

Sumber: TikTok, Wikipedia