Presiden Jokowi Gelar Salat Idul Adha di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Dapat Kabar – Presiden Jokowi dikabarkan bakal merayakan Idul Adha di Yogyakarta Kamis (29/6). Berdasarkan informasi, Jokowi juga akan menggelar salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

“Untuk RI 1 (Presiden Jokowi) rencananya akan melaksanakan salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada 29 Juni,” kata Koordinator Bagian Humas Biro Umum, Humas Protokol Sekretariat DIY Ditya Nanaryo Aji, Selasa (27/6).

Sementara Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Azman Latif mengatakan, Masjid Gedhe Kauman bisa digunakan presiden untuk salat Id pada 29 Juni. Masjid Kauman sendiri berjarak kurang dari satu kilometer di selatan Gedung Agung.

Meskipun Masjid Gedhe Kauman sendiri akan melaksanakan salat Id sehari sebelumnya atau 28 Juni. Sekitar dua hingga tiga ribu jemaah diperkirakan akan mengikuti salat Id di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Rabu, 28 Juni.

“Tidak masalah kan (Masjid Kauman) jika akan digunakan untuk salat Id, yang pertama tanggal 28 Juni di halaman masjid dan kedua pada 29 Juni di dalam masjid,” kata Azman.

Usai pelaksanaan salat Id, di halaman Masjid Kauman juga akan menyembelih 11 ekor sapi dan sekitar 25 domba yang dibagi di tiga titik.

Adapun Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan pemotongan hewan kurban memang sebisa mungkin dilakukan di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPHR). 

Akan tetapi, kapasitas RPHR Sleman yang berada di Mancasan, Condongcatur Depok tidak mampu untuk melayani semua. Sehingga pemotongan diperbolehkan dilakukan di area masjid, sekolah atau instansi lain yang memperoleh rekomendasi dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Penetapan itu berbeda dengan Muhammadiyah yang jatuh Rabu, 28 Juni 2023.

Pemerintah juga menetapkan libur Idul Adha selama tiga hari, yakni hari libur nasional 29 Juni dan cuti bersama 28 serta 30 Juni 2023. 

Sumber: Tempo.co