Ponsel Layar Lipat Bikin iPhone User Berpaling

Dapat Kabar – Ponsel layar lipat berhasil menarik minat sebagian pengguna iPhone. Hal tersebut diklaim oleh Motorola yang telah meluncurkan ponsel layar lipat, bersama produsen Android lain seperti Samsung dan Oppo. 

Motorola mengeklaim bahwa sekitar 20 persen pengguna baru Razr berasal dari pengguna produk Apple. Data itu diambil dari tahun 2021 setelah peluncuran Razr, ponsel Android lipat yang cukup menarik perhatian konsumen. 

“Kami memiliki jumlah pengguna iPhone terbanyak yang beralih ke produk kami,” klaim Allison Yi, kepala operasi produk Motorola Amerika Utara. 

Meskipun ponsel lipat masih belum populer, namun kategori ini berkembang pesat. Perusahaan riset IDC memperkirakan, pengiriman perangkat ponsel lipat di seluruh dunia meningkat lebih dari 50 persen di tahun 2023 dibandingkan tahun lalu. 

Seri Razr Motorola tentu menghadapi persaingan besar dengan lini Samsung Galaxy Z Flip. Adapun pemain besar lain yang masuk ke dalam bursa ponsel lipat. Ialah Oppo dengan N2 Flip yang belum lama ini keluar di pasaran. 

Tahun 2023 diprediksi menjadi momen besar bagi ponsel lipat. Google dan OnePlus pun tak ingin ketinggalan untuk menjajal pasar ponsel lipat. Sementara Apple dianggap masih absen dari perlombaan ponsel jenis baru ini dan tidak akan berubah dalam waktu dekat. 

Analis dari TF International Securities Ming-Chi Kuo sempat memprediksi Apple tidak akan merilis gadget lipat pertamanya hingga tahun 2025. Padahal, terdapat sebuah studi dari Counterpoint Research menunjukkan ada permintaan tinggi untuk iPhone lipat, setidaknya di Amerika Serikat.

Sebanyak 39 persen menyebut Apple sebagai merek pilihan mereka untuk ponsel lipat, sedangkan 46 persen lainnya menyebut Samsung. Hanya 6 persen yang mengatakan memilih Motorola.

Razr Plus baru dan Razr 2023 adalah upaya terbaru Motorola untuk mengubahnya. Razr Plus seharga USD 1.000 punya layar luar besar yang membedakannya dari saingan seperti Galaxy Z Flip 4. Motorola juga bakal meluncurkan versi Razr lebih murah akhir tahun ini.

Sumber: detikinet