Perjalanan Mempesona 32 Biksu Menaklukkan Tantangan Cuaca dan Kecelakaan Menuju Keajaiban Candi Borobudur!

DapatKabar – Dalam sebuah kisah yang menginspirasi, 32 biksu dengan ketekunan dan keberanian yang luar biasa telah menjalani ritual Thudong yang memukau. Mereka memilih untuk berjalan kaki dari Thailand hingga mencapai puncak spiritual, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Namun, dibalik kesuksesan mereka, tersembunyi kisah perjuangan berat yang harus mereka hadapi sepanjang perjalanan mereka.

Pada awalnya, 33 biksu bergabung dalam ritual jalan kaki yang bersejarah ini. Namun, di tengah perjalanan, satu biksu mengalami kecelakaan yang tidak terduga. Meskipun demikian, semangat 32 biksu yang tersisa tidak goyah, mereka tetap melanjutkan perjalanan dengan tekad yang kuat menuju tujuan akhir mereka, Candi Borobudur di Indonesia.

Biksu yang mengalami kecelakaan tersebut harus dirawat di rumah sakit di Malaysia. Namun, setelah pemulihan, dia akhirnya berhasil tiba di Indonesia menggunakan pesawat untuk bergabung kembali dengan kelompok biksu lainnya.

Salah satu biksu thudong, Banthe Kantadhammo, dengan penuh semangat membagikan pengalaman kecelakaan yang dialami oleh sesama bhikkhu tersebut saat berada di Kota Kelang, Malaysia.

“Pada pagi hari, sekitar pukul 4 di Kota Kelang, kami mulai berjalan kaki. Ketika kami sedang melintasi flyover, dia kelelahan dan jatuh, menyebabkan luka di kepalanya. Saya membantunya dengan menghentikan pendarahan dan menyematkan 8 jahitan,” ungkap Bhante Kantadhammo di Magelang.

Kondisi cedera tersebut memaksa biksu yang terluka harus tinggal di Malaysia, sementara 32 biksu lainnya melanjutkan perjalanan mereka menuju Indonesia.

“Oleh karena itu, saya segera membelikan tiket pesawat untuk membawanya ke Indonesia, dan kemudian saya menjemputnya,” tambahnya.

Saat ini, biksu yang terluka sudah bersatu kembali dengan kelompok biksu lainnya di Magelang. Namun, ia masih dalam tahap pemulihan dan belum diizinkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki.

Kisah heroik 32 biksu yang menjalani ritual Thudong ini menjadi inspirasi bagi banyak orang akan ketekunan, ketabahan, dan semangat dalam menghadapi rintangan yang tak terduga dalam mencapai tujuan spiritual mereka. Meski dihajar cuaca yang panas dan mengalami kecelakaan, mereka tetap bertekad menggapai puncak kesucian di Candi Borobudur.

Sumber : detik.com