Pemandian Air Soda Tarutung, Wisata Unik nan Langka

Dapat Kabar – Objek wisata Pemandian Air Soda Tarutung menjadi satu-satunya tempat pemandian air soda di Indonesia. Bahkan di dunia, terhitung hanya ada dua tempat pemandian air soda, yakni di Venezuela dan Tapanuli Utara, lokasi Pemandian Air Soda Tarutung berada. 

Asal-Usul Pemandian Air Soda Tarutung

Mengutip dari laman resmi Universitas Stekom, tempat ini sudah dikelola dan berkembang menjadi objek wisata sejak tahun 1976. Pemandian air berkarbonasi ini dikelola oleh Minat Sihite (Op. Ridoi Tobing/br Sihite).

Objek wisata ini pertama kali ditemukan oleh Minar Sihite, seorang bidan dari Tarutung. Ia menemukan air soda itu di antara semak belukar.

Suatu malam, Minar bermimpi didatangi oleh Sahala Oppung yang memberi wasiat untuk mengembangkan tempat air soda tersebut. Ia mengawalinya dengan mempersembahkan tujuh pohul itak (lampet) yang dibungkus daun pisang kepada pengisi alam.

Minar membangun sendiri kolam air soda tersebut. Tempat itu berhasil menarik rasa penasaran hingga ramai didatangi pengunjung. Pemandian ini diketahui pernah tertimpa longsor. 

Banyak halangan serta larangan dari pemerintah dan masyarakat sekitar yang mengeklaim tempat air soda itu. Kendati demikian, Minar tetap berusaha memperbaiki kerusakan dengan cepat tanpa ada bantuan dari pemerintah sekitar. 

Masyarakat sekitar mengeklaim tempat air soda itu milik pemerintah dan warisan dari berbagai marga. Namun, ibu Minar br Sihite tetap menjaga dan mengelola tempat objek wisata ini hingga terkenal sampai saat ini.

Jika tertarik mandi air soda, lokasi tempat mandi unik ini berada di Desa Parbubu I, Kecamatan Trutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. 

Untuk menikmati sensasi mandi air soda ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja. Begitu juga dengan biaya parkir mobil yang hanya dikenakan Rp10.000. 

Pemandian ini juga menyediakan berbagai fasilitas. Ada warung atau kafe di dekat pemandian. Tentunya ada WC dan ruang ganti. Urusan kebersihan juga selalu diperhatikan dan dikelola oleh pemiliknya sekarang. 

Di sisi lain, mandi air soda diyakini punya banyak khasiat bagi tubuh, mulai dari relaksasi tubuh, pegal-pegal, menghaluskan kulit, menyembuhkan gatal atau luka di badan. Bahkan juga terapi stroke dan asam urat.

Sumber: detik