Oppenheimer Suka Masak dan Makan Nasi Goreng Pedas

Dapat Kabar – Siapa sangka makanan favorit fisikawan Amerika J Robert Oppenheimer adalah nasi goreng pedas. Bapak Bom Atom ini tengah menjadi topik hangat berkat film biografi Oppenheimer yang baru saja rilis belakangan ini. 

Oppenheimer disebut memiliki pandangan yang kuat tentang masalah gaya dalam makanan dan minuman. Dia berpandangan bahwa martini harus kuat dan kopi harus hitam. Hal ini ditulis oleh fisikawan teoretis Rudolf Peierls.

Ia mengatakan, ketika Oppenheimer membawa anggota komite ke restoran steik setelah pertemuan. Hampir semua orang mengikuti petunjuk dari Oppenheimer bahwa tingkat kematangan steik harus rare atau hampir mentah. 

Ada satu orang yang memesan daging sapinya dengan matang. Itu membuat Oppenheimer memandangnya dan menanyakan kenapa orang itu tidak memakan ikan saja. Kecintaan dan kekritisannya terhadap hidangan membuatnya kerap memasak makanannya sendiri. 

Dalam wawancara yang ditulis di situs Atomic Heritage, Harold Cherniss mengatakan, terkadang Oppenheimer datang dan memasak makan malam sendiri. Makanan yang dimasak adalah nasi goreng pedas Indonesia. 

Pertama kali Oppenheimer mengenal nasi goreng dari istri George Uhlenbeck, Else Uhlenbeck. Cherniss menyebut nasi goreng sebagai hidangan Pulau Laut Selatan. Ini merupakan hidangan istimewa Oppenheimer. 

Cherniss menyebutkan, dia sudah menceritakan hidangan yang suka dimasak Oppenheimer ini ke banyak orang. Nasi goreng mendapat julukan dari para tamunya, yang pernah dijamunya, sebagai ‘nasty gory’.

“Saya ingat beberapa dari mereka, karena dia kaget dengan mereka. Masakan itu berupa mentega dalam jumlah besar, paprika merah dalam jumlah besar, semacam daging, saya tidak tahu apa itu, daging sapi muda, saya pikir, atau semacamnya, dan banyak hal lainnya,” jelas Cherniss saat ditanya bahan-bahan dari nasi goreng yang dibuat oleh Oppenheimer. 

Bapak Bom Atom itu memasak nasi goreng sekitar satu jam. Dia juga menambahkan telur setengah matang sebagai pelengkap. 

Nasi goreng mungkin sangat nikmat disantap saat masih panas bagi beberapa orang. Namun, Oppenheimer tidak memakannya langsung karena tidak kuat panas. Cherniss juga mengatakan bahwa Oppenheimer memberikan bahan-bahan lengkapnya ke istrinya. 

Fakta bahwa Oppenheimer suka memasak dan menyantap nasi goreng membuat warganet, khususnya di Twitter, membicarakan hal ini. Beberapa warganet tidak menyangka bahwa Oppenheimer menikmati hidangan kaya rempah tersebut. Beberapa lainnya berfokus ke seberapa pedas nasi goreng yang dibicarakan itu.

Sumber: Bisnis Style