Mengancam Keselamatan Anak, Obat Sirup Beracun Naturcold Terdeteksi!

Dapat Kabar – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan laporan mengerikan tentang sejumlah obat sirup anak di Kamerun dengan merek Naturcold yang mengandung bahan beracun dalam tingkat tinggi. Temuan ini menimbulkan keprihatinan baru terkait obat sirup yang terkontaminasi dan mengancam keselamatan anak-anak.

Label kemasan pada sirup tersebut menunjukkan bahwa produk tersebut diproduksi oleh perusahaan bernama Fraken International di Inggris. Namun, regulator kesehatan Inggris membantah keberadaan perusahaan tersebut di negaranya.

“Penyelidikan masih terus berlangsung untuk menentukan asal-usul produk berbahaya ini,” ungkap WHO seperti dikutip dari Reuters, Kamis (20/7/2023).

Seorang juru bicara WHO menyatakan bahwa sirup berbahaya ini kemungkinan telah dijual di negara lain selain Kamerun, sehingga mendesak perlunya pengawasan lebih ketat dari otoritas kesehatan global.

Peringatan terkait obat sirup Naturcold ini bermula ketika regulator kesehatan Kamerun mengungkapkan pada bulan April bahwa mereka sedang menyelidiki kematian enam anak yang terkait dengan konsumsi produk ini.

Batas yang dapat ditoleransi untuk kandungan dietilen glikol, yaitu kontaminan yang ditemukan dalam sirup tersebut, adalah tidak lebih dari 0,1 persen. Namun, batch produk Naturcold terungkap mengandung zat berbahaya ini hingga mencapai 28,6 persen!

Kontaminan ini dapat menyebabkan berbagai gejala berbahaya pada tubuh, seperti sakit perut, muntah, diare, perubahan kondisi mental, dan cedera ginjal akut, yang pada akhirnya dapat berujung pada kematian.

Kejadian ini mengingatkan kita pada tragedi serupa pada tahun 2022, di mana lebih dari 300 anak-anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun di Gambia, Indonesia, dan Uzbekistan meninggal dunia karena cedera ginjal akut yang terkait dengan produk serupa dari produsen lain. Ancaman ini masih berlanjut dan harus segera ditangani dengan serius.

Kesehatan dan keselamatan anak-anak harus menjadi prioritas utama bagi semua pihak terkait. Diperlukan tindakan yang cepat dan tegas untuk mencegah penyebaran produk berbahaya ini serta meningkatkan pengawasan terhadap obat-obatan yang beredar di pasaran. Semua orang harus berperan aktif dalam menjaga keselamatan generasi penerus kita dari bahaya obat-obatan beracun seperti Naturcold.

Sumber : detik.com