Menakjubkan! Peringatan Apple Watch Selamatkan Nyawa Wanita di AS dan Pria di Australia

Dapat Kabar – Dalam dua kejadian yang menghebohkan, peringatan Apple Watch telah membuktikan dirinya sebagai perangkat yang bisa menyelamatkan nyawa. Kisah pertama datang dari Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, di mana seorang wanita berusia 29 tahun, Kimmie Watkins, berhasil selamat dari kondisi darurat berkat Apple Watch yang dikenakannya.

Saat sedang tidur siang, Watkins merasakan pusing dan sesak napas. Tidak menyadari apa yang terjadi, Apple Watch-nya mendeteksi detak jantungnya yang tidak teratur, mencapai 178 kali per menit. Kemampuan smartwatch ini untuk terus memantau detak jantung selama pengguna tidak aktif atau sedang tertidur memberikan peringatan yang sangat berharga.

Perubahan detak jantung yang terdeteksi akhirnya terbukti menjadi tanda adanya gumpalan darah di paru-paru. Watkins sebelumnya memang mengetahui adanya kelainan terkait pembekuan darah, tetapi tidak menyadari seberapa serius kondisinya. Berkat peringatan Apple Watch, Watkins segera mencari pertolongan medis dan didiagnosis mengidap emboli paru, kondisi yang dapat berakibat fatal dengan tingkat kematian mencapai 50 persen.

Watkins merasa sangat beruntung karena bangun dari tidur siangnya berkat peringatan Apple Watch. Ia menghimbau orang lain untuk menggunakan perangkat teknologi seperti Apple Watch demi kepentingan kesehatan. Menurutnya, perangkat tersebut tidak hanya bermanfaat untuk komunikasi, tetapi juga dapat memberikan keuntungan dalam hal kesehatan.

Kisah serupa tentang penyelamatan berkat Apple Watch juga terjadi di Australia. Seorang pria yang tidak disebutkan identitasnya terapung di tengah laut bersama kayaknya yang terseret ombak sejauh 4 km dari pantai utara Sydney. Berkat Apple Watch yang dipakainya, pria tersebut berhasil mengirimkan panggilan SOS dan membagikan lokasinya kepada layanan darurat.

Fitur panggilan darurat dan pembagian lokasi yang dimiliki oleh Apple Watch sangat berperan dalam penyelamatan pria tersebut. Tim penyelamat segera merespons panggilan tersebut dan menghubungi berbagai pihak, termasuk komunitas Surf Lifesaving NSW dan helikopter penyelamat Westpac. Dalam waktu singkat, kedua pedayung yang terpisah akhirnya berhasil diselamatkan.

Kisah-kisah ini menjadi bukti nyata bahwa Apple Watch tidak hanya merupakan perangkat fesyen atau gadget semata, tetapi juga dapat menjadi alat yang dapat menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat. Dengan kemampuan deteksi detak jantung yang terus-menerus dan fitur panggilan darurat, Apple Watch membuktikan dirinya sebagai perangkat yang dapat memberikan perlindungan tambahan dan memberi kesempatan kepada pengguna untuk mendapatkan pertolongan tepat waktu.

Sumber : kompas.com