Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Dapat Kabar – Manfaat kesehatan tubuh dan mental bisa diperoleh dari bangun pagi. Jika seseorang bangun lebih pagi, mereka akan lebih bahagia dan memiliki tubuh yang bugar. 

Berikut sejumlah manfaat bagun pagi untuk kesehatan. 

7 Manfaat Bangun Pagi

  1. Tubuh lebih siap menjalani hari

Bangun mendekati waktu bekerja bisa mengurangi energi untuk beraktivitas. Sebab, tubuh memerlukan waktu sekitar dua hingga empat jam untuk bangun sepenuhnya setelah tidur. Akan lebih baik jika seseorang bangun lebih awal agar tubuh terbangun sepenuhnya sebelum mulai melakukan aktivitas. 

  1. Menurunkan risiko gangguan kesehatan mental

Beberapa gangguan kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguam perubahan suasana hati dapat dihindari dengan bangun di pagi hari. Bangun lebih awal di pagi hari membuat tubuh rileks dan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup. 

  1. Tingkat produktivitas tinggi

Bangun pagi juga bisa membuat seseorang lebih disiplin dan lebih siap menghadapi masalah yang akan datang. Bahkan, beberapa orang bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efektif dan sukses di dalam karir yang dijalani. 

  1. Mengurangi pikiran negatif

Berdasarkan penelitian, bangun pagi terbukti menghindarkan tubuh dari pikiran negatif. Kondisi ini otomatis mengurangi stres dan rasa cemas yang dapat mengganggu aktivitas. Bangun pagi juga membantu mencegah insomnia. 

  1. Memiliki waktu berolahraga

Dengan bangun pagi, seseorang memiliki waktu lebih banyak untuk berolahraga sebelum melakukan aktivitas. Jika dilakukan secara rutin, tubuh akan memperoleh lebih banyak energi sehingga tidak mudah lelah di siang hari. 

  1. Memiliki waktu sarapan

Sarapan juga memiliki peran untuk tubuh sebelum beraktivitas. Waktu sarapan adalah pagi hari, jadi dengan bangun pagi seseorang memiliki waktu lebih untuk sarapan yang bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Sehingga, tubuh memiliki energi lebih banyak untuk beraktivitas. 

  1. Kulit menjadi lebih sehat

Begadang setiap malam bisa membuat kulit mengalami penuaan dini. Tanda-tandanya seperti muncul kerutan, garis halus, hingga menurunkan kelopak mata. Dengan bangun lebih awal, kulit memiliki waktu untuk regenerasi. Selain itu, seseorang memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan perawatan kulit sebelum beraktivitas.

Sumber: Kompas