Mandi Air Hangat Ternyata Banyak Manfaatnya lho!

dapatkabar.com– Meskipun mandi air hangat tidak disarankan setiap hari karena dapat mengeringkan kulit, mandi air panas tetap menawarkan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya.

Dilansir dari Medical News Today, mandi air panas dikenal sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran;

1. Menenangkan ketegangan otot

Mandi air panas membantu kita meredakan ketegangan otot dan meremajakan tubuh. Sepanjang hari, tubuh kita melakukan berbagai gerakan fisik yang mengontraksikan otot.

Mandi dengan air panas menenangkan otot dan persendian. Oleh karena itu, mandi air panas sangat dianjurkan di penghujung hari dan bahkan setelah kembali dari perjalanan.

2. Membantu menghilangkan stres

Baik itu karena pekerjaan atau kehidupan pribadi, stres sangat umum dalam gaya hidup modern saat ini.

Jadi, seseorang perlu menemukan cara untuk menenangkan pikiran mereka dan merasa benar-benar santai.

Cara termudah bagi kita untuk menyegarkan pikiran adalah dengan mandi air panas. Kita juga bisa menggunakan minyak esensial dan lilin beraroma untuk meningkatkan manfaatnya.

3. Membantu dalam menjaga kebersihan

Tujuan utama mandi adalah untuk membersihkan diri. Mandi dengan air panas akan membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran yang menumpuk.

4. Melembapkan kulit

Setiap orang mendambakan kulit yang cerah dan sehat secara alami. Beberapa orang bahkan menggunakan produk kecantikan dan kosmetik untuk mencapainya.

Tapi, sedikit yang mereka sadari bahwa rahasianya terletak pada mandi air panas sehari-hari mereka.

Sirkulasi darah yang optimal juga merupakan kunci untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan demikian, kita harus meluangkan waktu untuk menikmati mandi air panas.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Mandi air panas meredakan ketegangan otot dan membuat kita merasa rileks. Ini juga membuat otak melepaskan hormon yang disebut melatonin yang membantu kita tidur lebih cepat.

Dengan demikian, kita juga dapat memanfaatkan kekuatan mandi air panas untuk mengatur siklus tidur kita.

7. Meremajakan rambut

Selain kulit,, mandi air panas juga dapat bermanfaat untuk rambut karena air hangat membuka pori-pori dan memungkinkan kelembapan meresap.

Ini juga membuat kulit kepala bersih dan terhidrasi dengan baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

8. Meredakan hidung tersumbat

Selama musim hujan terkena pilek dan flu sangat umum. Mandi air panas dapat membantu meringankan gejala pilek, seperti sakit kepala dan hidung tersumbat