Mandi dengan air dingin ternyata banyak manfaatnya!

dapatkabar.com – Mandi air hangat setelah lelah seharian bekerja memang menyenangkan dan membuat rileks. Mandi air hangat juga membantu melancarkan aliran darah dan menenangkan otot-otot yang sakit. Sebaliknya, mandi dengan air dingin tidak memiliki efek relaksasi yang sama. Tapi, ada banyak manfaat kesehatan lain dari mandi di air dingin selain menyegarkan tubuh, dan membuat kita kembali semangat lagi.

Mandi dengan air dingin atau mandi es disebut sebagai cryotherapy. Ini adalah praktik umum di kalangan atlet amatir dan profesional. Meski sedikit membuat Anda menggigil dan tidak memberi efek menenangkan, berikut manfaat sehat dari mandi air dingin, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan kewaspadaan
Saat udara dingin dan Anda memutuskan untuk mandi air dingin, Anda harus melakukan banyak pernapasan untuk menjaga diri tetap hangat. Cara itu akan membantu Anda mengambil banyak oksigen, yang baik untuk membuat Anda waspada sepanjang hari.

2. Baik untuk kulit
Di musim dingin, Anda akan melihat bahwa kulit dan rambut akan lebih kering dari biasanya. Ketika Anda memutuskan untuk mandi air hangat, itu hanya akan mempercepat proses pengeringan tersebut. Jadi, sebaiknya mandilah dengan menggunakan air dingin bila tak ingin kulit Anda semakin kering. Mandi air dingin akan membantu dalam penyegelan pori-pori dan mengencangkan kutikula.

3. Imunitas dan sirkulasi
Kekebalan tubuh Anda harus berada di puncak saat musim dingin tiba. Jika tidak, Anda akan mudah terserang flu. Air dingin akan membantu memperlancar sirkulasi darah di sekitar organ. Ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Meredakan nyeri otot
Setelah berolahraga, wajar bila Anda merasakan nyeri otot. Mandi air dingin akan menjadi solusi terbaik untuk meredakannya.

5. Meredakan stres
Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air dingin membantu dalam mengurangi asam urat. Ini juga akan membantu dalam menjaga antioksidan ke tingkat optimal, yang pada gilirannya dapat meredakan stres.

Jadi, anda tim mandi air hangat atau mandi air dingin?