Lelang Kamera Antik Leica Di Leitz Photographica Dengan Harga 14M!

Dapat KabarLeica, merek kamera ikonik, kembali membuat gebrakan dengan menggelar Lelang Leitz Photographica, ajang lelang kamera dan aksesoris antik terbesar dan paling terkenal di dunia. Salah satu sorotan terbesar dari acara ini adalah penjualan kamera Leica 250 GG Reporter dengan harga lelang mencapai puncak tertinggi, mencapai angka fantastis 1,43 juta dolar Australia atau sekitar 14,4 miliar rupiah!

Leica 250 GG Reporter sendiri merupakan kamera yang dirilis pada tahun 1948, sebuah karya klasik dari masa lalu. Menurut pernyataan resmi dari Leica, kamera antik ini dibuat dalam jumlah terbatas, menjadi salah satu dari hanya 92 kamera dalam seri Leica Reporter yang dilengkapi dengan motor listrik terpisah.

Bentuk fisik Leica 250 GG Reporter, seperti yang terlihat dalam gambar yang diunggah, memiliki tampilan yang memanjang ke samping, tebal, dan ukurannya yang cukup besar. Secara keseluruhan, kamera ini memiliki estetika yang khas seperti kebanyakan kamera antik pada umumnya.

Meskipun kondisi fisik keseluruhan kamera terlihat utuh, jika diamati dengan cermat, terlihat beberapa tanda keausan, goresan, dan bekas-bekas kejadian di masa lalu yang memberikan sentuhan keunikan pada kamera ini.

Pada bagian sisi kanan dan kiri, terdapat lengkungan yang mirip dengan tabung. Lengkungan ini dirancang untuk memberikan pegangan yang kokoh pada kamera. Di bagian atas bodi, terdapat tombol-tombol dan roda pengatur untuk mengatur ISO, fokus, dan tombol pemotretan.

Sebagaimana yang dikutip dari Australian Photography, Leica 250 GG Reporter adalah salah satu dari hanya 92 kamera Leica Reporter yang dilengkapi dengan motor listrik terpisah. Leica juga mengungkapkan bahwa kamera ini sering digunakan oleh pengebom pesawat Stuka di Luftwaffe, cabang angkatan udara Jerman pada masa Perang Dunia II. Kamera ini sering ditempatkan secara permanen di pesawat untuk tujuan pengintaian udara, dan biasanya diganti dengan kamera lain untuk pengintaian yang lebih lanjut.

Selain kamera Leica seri Reporter, terdapat dua kamera lain yang berhasil meraih harga lelang tertinggi. Pertama adalah Leica M3 “First Batch Black Dial” yang terjual seharga 860.000 dolar Australia atau sekitar 8,6 miliar rupiah. Kamera antik ini sangat berharga dan langka karena memiliki tombol khusus untuk menghitung jumlah film yang tersisa di dalam perangkat. Yang kedua adalah Leica MP, kamera yang pernah digunakan oleh Terry O’Neill, seorang fotografer fashion ternama asal Inggris. Kamera ini berhasil dilelang dengan harga sekitar 382.000 dolar Australia atau sekitar 3,8 miliar rupiah.

Lelang Leitz Photographica kembali menegaskan reputasi Leica sebagai produsen kamera klasik yang mendapatkan pengakuan global. Acara ini tidak hanya menyajikan peluang unik untuk mengoleksi kamera antik yang langka, tetapi juga menjadi ajang untuk merayakan warisan fotografi yang abadi. Bagi para penggemar dan kolektor kamera, momen ini adalah kesempatan sempurna untuk memperoleh sepotong sejarah yang hidup dari dunia fotografi.

Sumber : kompas.com