Kopi Liong Bulan Khas Kota Bogor yang Melegenda

kopi liong bulan

dapatkabar.com – Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga memiliki kopi legendaris yang terkenal dengan citarasa yang khas dan nikmat yaitu Kopi Liong Bulan.

 

Kopi sachet dengan kemasan berlambang naga dan bulan sabit ini sudah berdiri sejak tahun 1945, dan menjadi salah satu minuman khas Kota Bogor yang digemari oleh semua kalangan mulai dari supir angkutan umum, pedagang kaki 5, PNS, hingga anak anak muda disana. Meski usianya sudah puluhan tahun, namun usaha kopi masih bertahan bahkan semakin sukses. Bermula dari usaha keluarga, kini Kopi Liong Bulan sudah menjadi perusahaan berskala regional.

 

Distribusinya pun sekarang sudah menjangkau beberapa daerah di luar Bogor yaitu Depok, Sukabumi, Cianjur, Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan. Tidak menutup kemungkinan usaha ini akan menjadi perusahaan berskala nasional dengan jangkauan distribusi yang lebih luas lagi nantinya. 

 

Iqbal seorang penikmat kopi Liong menyampaikan bahwa ia sampai membawa kopi liong saat ia kuliah di semarang pada tahun 2013 lalu. Ia menuturkan setiap bulan ia mendapatkan kiriman kopi tersebut dari bogor agar dapat dinikmati disana. 

 

Aroma yang khas dan kuat serta rasa yang gurih menjadi citarasa yang membuat kopi ini begitu digemari penikmatnya dari berbagai lintas generasi. Konon, kopi yang sudah berumur tua ini adalah minuman para pejuang kemerdekaan sebelum mereka berangkat ke medan perang untuk melawan penjajah di daerah tersebut.

 

“Kopi Liong Bulan ini sudah ada dari zaman kakek saya. Dari dulu rasanya enggak berubah katanya. Dari zaman giling kopi di Pasar Anyar,” kata Wawan Andrianto, warga Bogor penikmat kopi Liong Bulan belum lama ini.

 

Selain itu, Budi Arifin, seorang warga Jakarta Selatan juga mengatakan dia dan teman-temannya menyukai Kopi Ini karena rasanya berbeda dengan kopi sachet lainnya.

 

“Di sini semuanya banyak yang minum Kopi Liong. Apalagi baru-baru ini banyak dijual di mana-mana,” ujarnya.

 

Selain nikmat, kopi bubuk ini aman dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh karena itu, kopi ini dapat bertahan selama tiga bulan sejak tanggal produksi, Untuk setiap kemasan sachetnya juga sudah ditakar untuk satu kali saji lengkap dengan gula.

 

Untuk mendapatkan cita rasa khas kopi ini, cara penyajiannya tidak boleh asal. Sebaiknya menyeduh bubuk kopi dengan air yang benar-benar panas, bukan air dari termos atau dispenser. Lalu diamkan sesaat hingga air panasnya tercampur sempurna dengan bubuk kopi. Demikian, aroma Kopi Liong Bulan yang harum pun langsung tercium.

 

Sumber: Merdeka.com