Keju Cheddar Punya Banyak Manfaat, Salah Satunya Bantu Turunkan BB

Dapat Kabar – Sering menjadi bahan pelengkap makanan, keju cheddar juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Keju cheddar bisa menjadi sumber nutrisi zat besi, vitamin A dan vitamin K. 

Dalam setiap 100 gram, keju cheddar mengandung kalori 409 kCal, protein 23,3 g, karbohidrat 2,44 g dan lemak 29 g. Inilah sebabnya keju cheddar dinilai mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut manfaat keju cheddar melansir dari berbagai sumber.

Manfaat Keju Cheddar

  1. Menurunkan Kolesterol

Melansir dari WebMD, sebuah penelitian berhasil membuktikan orang yang makan keju rendah lemak berhasil menurunkan kolesterolnya. Mengonsumsi keju cheddar dalam jumlah sedang disebut dapat membantu seseorang menurunkan kolesterol, terutama bagi orang dewasa paruh baya. 

  1. Menguatkan Tulang

Salah satu sumber kalsium baik yang bisa dikonsumsi adalah keju cheddar. Sebuah penelitian di New Zealand telah secara konsisten membuktikan diet tinggi kalsium dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mineralisasi. 

Mereka yang menjalani diet kaya kalsium adalah cenderung terhindar dari osteoporosis. Vitamin K dalam keju cheddar juga memainkan peran berharga dalam meningkatkan kesehatan tulang.

  1. Menyehatkan Gigi

Menjaga kesehatan gigi juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi keju cheddar. Sebab, kandungan kalsiumnya yang membantu gigi lebih kuat dan sehat. Makan keju cheddar juga disebut dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang.

  1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian juga menunjukan keju cheddar menyediakan pasokan asam amino yang berkelanjutan. Selain itu, keju cheddar mengandung leusin yang tinggi, serta dianggap sebagai makanan padat protein.

Sehingga, keju ini membantu seseorang membangun otot dan tetap kenyang untuk waktu yang lama yang menyebabkan konsumsi makanan secara keseluruhan lebih sedikit. Selain itu, keju cheddar dapat membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi sebagai diet puasa ketogenik atau intermiten.

  1. Membantu Mencegah Anemia

Vitamin B12 pun disebut sangat penting untuk produksi sel darah merah dan membantu mensintesis DNA dan asam lemak. Keju cheddar disebut-sebut sebagai sumber vitamin B12 yang baik.

Vitamin B12 merupakan vitamin penting yang hadir sebagian besar dalam produk hewani. Oleh karena itu, keju cheddar bisa menjadi vitamin B12 yang baik untuk vegetarian. Kekurangan vitamin B12 pun dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti anemia, sakit kepala, hingga kelelahan.

Sumber: detikhealth