Kebiasaan Duduk Lama Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Dapat Kabar Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Seperti pekerja kantoran yang kerap duduk sambil bekerja di depan komputer atau laptop. Terkadang mereka tidak sadar sudah duduk dalam waktu yang lama. 

Terlalu lama duduk bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan. Apa saja dampaknya?

3 Dampak Terlalu Lama Duduk

  1. Pembengkakan pada betis dan kaki

Mengutip dari National Center for Biotechnology Information sebuah penelitian mengatakan, duduk terlalu lama dapat membuat cairan menumpuk di kaki dan menyebabkan pembengkakan, serta meningkatkan risiko pembekuan darah dalam kasus yang serius.

Menurut Health Shots, cairan yang menumpuk di kaki juga dapat berpindah ke bagian atas tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, masalah pernapasan, dan gangguan tidur.

  1. Sakit pada pinggul dan punggung

Harvard Health Publishing menjelaskan, kecenderungan duduk menumpu tubuh pada bagian tulang ischial tuberosities dapat menyebabkan sakit pinggul dan punggung. Tulang-tulang ini juga disebut sebagai ‘tulang duduk’, yang terletak di bagian bawah wilayah panggul.

Tekanan akan diberikan pada bagian bawah punggung, saraf, otot, tendon, dan bahkan kantung-kantung berisi cairan yang berdekatan dengan tulang ischial, yang disebut ischial bursae.

  1. Menambah berat badan

Salah satu penyebab utama obesitas adalah kurang aktif dan bergerak. Cara untuk melawannya hanya dengan berolahraga secara rutin dan makan makanan sehat.

  1. Kelelahan Berlebihan

Kebiasaan ini tidak hanya menimbulkan rasa ingin tidur atau lelah berlebihan. Rasa kelelahan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Tak hanya kebiasaan duduk lama, kebiasaan seperti kurang tidur, terlalu banyak beraktivitas fisik, atau pola makan yang tidak sehat bisa menjadi penyebab kelelahan berlebihan.

Sumber: Liputan6