Kadar Gula Darah Bisa Turun dengan Kopi, Kok Bisa?

Dapat KabarKadar gula darah dapat dikurangi dengan meminum kopi. Biasanya, cara yang paling lumrah dalam mengurangi kadar gula darah adalah menghindari minuman manis. 

Akan tetapi, ada sejumlah minuman yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, diantaranya kopi. Minuman ini dapat memengaruhi fungsi metabolisme dengan cara yang positif. Sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

Penelitian menunjukkan, minum kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Hal ini tertuang dalam penelitian tahun 2019 dalam jurnal Nutrients. 

Kandungan Kopi yang Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Baik kopi berkafein atau tanpa kafein, keduanya memiliki senyawa tanaman yang disebut fitokimia. Senyawa dalam kopi ini dapat mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas. 

Hal ini melindungi dari perkembangan pelemakan hati dan menjaga fungsi insulin (pengatur utama gula darah). Sebagai catatan, apa yang kita masukkan ke dalam kopi menjadi sangat penting. 

Selain itu, kopi juga mengandung senyawa polifenol dan beberapa unsur mineral seperti magnesium. Unsur-unsur tersebut berperan dalam mengendalikan kadar gula pada pasien prediabetes dan diabetes.

Kandungan kafein dalam kopi diketahui dapat menghambat kerja reseptor adenosin di tingkat sel, terutama pada otot, jaringan lemak, dan liver. Hal ini membantu mencegah terjadinya diabetes. 

Kafein yang menghambat kerja reseptor adenosin ini dapat menurunkan pembentukan serta tingkat peradangan pada jaringan lemak tubuh, menurunkan produksi glukosa (gula darah) di liver, dan meningkatkan pengambilan glukosa oleh otot.

Senyawa polifenol asam glukoronat di dalam kopi dapat menurunkan penyerapan karbohidrat di usus, meningkatkan ambilan glukosa di otot, menurunkan produksi glukosa dan kolesterol di liver, dan meningkatkan hormon inkretin di usus yang berperan dalam pengendalian kadar gula darah.

Potensi manfaat gula darah akan hilang jika kopi mengandung bom gula, yang biasa ditemukan pada latte beraroma dan minuman es kopi. 

Ada satu trik yang bisa dicoba bagi yang tidak menyukai kopi hitam. Ahli gizi merekomendasikan untuk menyeduh kopi bubuk dengan beberapa kocokan kayu manis. 

Tidak hanya kopi, minuman lain juga bisa dijadikan alternatif untuk membantu mengurangi kadar gula darah. Di antaranya adalah air, teh hitam, teh hijau, susu, dan jus tomat. 

Sumber: Kompas.com, hellosehat