Punya kucing? berikut manfaat memandikan kucing anda!

dapatkabar.com– Secara alami kucing akan membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati bulunya. Bagi sebagian kucing, cara ini kurang efektif untuk menghilangkan bulu rontok secara menyeluruh, apalagi untuk kucing dengan bulu panjang dan lebat. Saat kucing dengan bulu panjang menjilati bulunya sendiri akan ada kemungkinan kucing menelan bulu-bulu yang rontok dan menyebabkan hairball.

Perawatan kucing dengan melakukan grooming sangat penting untuk kesehatan kucing peliharaan. Kamu bisa melakukan grooming di rumah ataupun membawa kucing peliharaan ke groomer profesional. Dengan melakukan grooming kamu juga bisa mendeteksi penyakit pada kulit kucing seperti gatal akibat parasit, kutu dan jamur yang mungkin tumbuh di permukaan kulit. Melansir dari Lucky Dawg Pet Service, Sabtu (1/10/2021), berikut ini manfaat melakukan grooming rutin untuk hewan peliharaan

Meminimalisir cakaran kucing Di alam liar kucing membutuhkan kukunya untuk mempertahankan diri dari serangan predator. Karenanya jika dibiarkan, kuku kucing dapat tumbuh panjang dan tajam. Sebaiknya lakukan grooming untuk memotong kuku kucing peliharaan kamu. Apalagi jika kamu memiliki hewan peliharaan lain atau anak kecil dirumah. Untuk menghindari resiko tercakar kucing, sebaiknya potong kuku kucing segera.

Menghindari resiko hairball
Beberapa jenis kucing memiliki masalah dengan hairball karena bulunya yang lebat dan rontok dan tertelan. Dengan grooming, bulu kucing akan disikat dan dan dirapikan sehingga menghindari kerontokan bulu. Jika kamu melakukan grooming secara rutin, ini bisa menghindari resiko hairball pada kucing peliharaan.

Menghindari bulu kusut Jika kucing peliharaan mu jarang membersihkan dirinya sendiri, biasanya bulu akan kusut dan sulit untuk disisir. Bulu yang kusut akan menghalangi kemampuan kulit untuk memproduksi minyak alami. Minyak alami ini diperlukan kucing agar bulu dan kulit tetap sehat. Sebaiknya lakukan grooming dan sisir rambut kucing dengan teratur.

Mendeteksi adanya parasit Mungkin kamu seringkali melihat kucing menggaruk-garuk tubuhnya dengan agresif, namun kamu tidak bisa menemukan kutu yang bersembunyi dibalik bulu lebatnya. Ketika kamu melakukan grooming, kutu dan parasit akan lebih cepat di deteksi sehingga kucing bisa mendapat perawatan yang tepat sebelum terjadi infeksi pada kulit.

Meminimalisir bulu yang menempel di perabot Mungkin kamu seringkali menemukan bulu kucing menempel di baju, bantal dan sofa. Dengan melakukan grooming, bulu kucing akan lebih sehat dan tidak mudah rontok. Kamu pun terhindar dari masalah bulu yang mengotori permukaan perabot rumah.