Google Buat AI yang Bisa Jadi Teman Curhat

Dapat KabarGoogle dikabarkan tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pengguna mendapatkan nasihat atau masukan layaknya teman curhat. 

Melansir dari New York Times, Kamis (17/8/2023), Google merilis sejumlah proyek AI yang sedang mereka kembangkan dalam perusahaan DeepMind. Di sana mereka telah menguji teknologi baru yang mengubah AI generatif menjadi pelatih kehidupan pribadi.

Adapun berbagai model yang sedang dikembangkan di DeepMind. AI tersebut diharapkan setidaknya mampu menjalankan 21 jenis tugas pribadi dan profesional secara berbeda. 

Harapannya, teknologi tersebut mampu memberikan saran kepada seseorang, seperti ide, intrusksi perencanaan, hingga menjadi tutor untuk belajar.

Teknologi AI sejatinya sudah hadir di Google Bard. Tapi Google berusaha meningkatkan kemampuan AI mereka lewat DeepMind.

DeepMind kabarnya telah mengumpulkan 100 ahli dengan gelar doktor di berbagai bidang dan latar belakang ilmu untuk menguji coba respons alat tersebut.

Berdasarkan laporan Digital Trend, proyek ini sejatinya bertolak belakang dengan kebijakan perusahaan yang tidak merekomendasikan Google Bard untuk mengandalkan chatbot untuk masalah medis, hukum, keuangan, atau profesional lainnya.

Akan tetapi sumber tersebut menglaim bahwa DeepMind memang sebatas pengujian AI dan belum ada soal wacana memasarkannya secara publik. Tapi dengan banyak kemajuan AI bukan tidak mungkin jika suatu hari DeepMind akan benar-benar bisa diakses oleh banyak orang.

Sumber: Okezone