Gibran Rakabuming Raka Mendominasi Survei Opini Publik untuk Pilgub Jateng 2024: Dico Potensial sebagai Cawagub!

Dapat Kabar – Politik Indonesia baru saja merilis hasil survei opini publik yang menarik perihal calon gubernur dan wakil gubernur potensial untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024-2029 di Jawa Tengah. Dalam hasil survei yang digelar pada Juni 2023 lalu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menunjukkan elektabilitas tertinggi, mengungguli 11 tokoh lainnya yang diuji.

Para responden, sebanyak 800 orang, diwawancarai secara tatap muka untuk memberikan pandangan mereka mengenai preferensi calon pemimpin di Provinsi Jawa Tengah. Hasil survei ini dianggap sebagai gambaran peta kekuatan figur bakal calon gubernur maupun wakil gubernur di masa mendatang.

Menurut Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno, popularitas Gibran Rakabuming Raka mencapai 77,0%, menjadikannya figur dengan tingkat keterkenalan tertinggi di antara 11 tokoh yang diuji. Ia diikuti oleh eks Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen dengan 48,3%, dan mantan Wali Kota Semarang yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Hendrar Prihadi dengan 37,9%.

Tidak hanya populer, Gibran juga mendominasi dalam elektabilitas dengan dukungan mencapai 45,0%, unggul jauh dari pesaingnya, Taj Yasin Maimoen yang hanya meraih 5,8%. Hendrar berada pada posisi ketiga dengan 3,6% elektabilitas, disusul oleh Dico Ganinduto dengan 3,3%, dan KH Yusuf Chudlori dengan 2,9%.

Dalam skenario elektabilitas calon wakil gubernur, Taj Yasin masih mendapat dukungan tertinggi dengan 9,6%, sementara Dico Ganinduto dan Achmad Husein berada pada posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing 7,1% dan 6,7%. Namun, ada catatan bahwa Taj Yasin telah mengundurkan diri sebagai wakil gubernur Jateng untuk mengikuti pemilihan legislatif tahun depan.

Jika Taj Yasin tidak maju dalam Pilgub Jateng, maka nama Dico Ganinduto menjadi yang paling banyak diharapkan oleh publik, baik sebagai cawagub yang mendampingi Gibran atau Hendrar.

Hasil survei PPI ini menyimpulkan bahwa Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas tertinggi untuk calon gubernur Jateng, sementara Dico Ganinduto adalah sosok potensial sebagai calon wakil gubernur, baik untuk Gibran maupun Hendrar. Adi menilai, duet Gibran-Dico merupakan kombinasi yang potensial untuk Pilgub Jateng 2024 mendatang, karena keduanya merupakan tokoh muda yang populer dan bisa menjadi kekuatan besar untuk Jawa Tengah ke depan.

Apabila Gibran dipilih untuk ikut dalam pilkada DKI Jakarta dan PDIP menunjuk Hendrar sebagai cagub, maka Dico menjadi pasangan yang cocok bagi Hendrar. Namun, semua itu tetap menjadi catatan jika Taj Yasin tidak berpartisipasi dalam pilkada tahun depan.

Sumber : cnbcindonesia.com