Fitur Blokir Ingin Dihilangkan, Apple dan Google Diperkirakan Tendang Twitter/X

Dapat Kabar – Sejumlah pengguna memperkirakan Apple dan Google selaku pemilik toko aplikasi tidak akan mengizinkan media sosial Twitter atau X beredar jika fitur blokir ditiadakan. Pasalnya pekan lalu, Elon Musk membuat heboh setelah mengumumkan akan menghilangkan fitur blokir di Twitter/X. 

Beberapa saat setelah Musk mengumumkan rencana tersebut, pengguna X menambahkan konteks lewat fitur Community Notes. Dalam catatan tersebut, mereka menyertakan link ke pedoman Apple App Store dan Google Play Store.

Dalam pedoman tersebut, salah satu poinnya mengatakan bahwa aplikasi dengan konten yang dibuat oleh pengguna atau layanan jejaring sosial harus memiliki fitur untuk memblokir pengguna dan konten.

Poin itu terus ditekankan oleh pengguna X yang tidak ingin kehilangan fitur blokir. Mereka juga memprediksi Apple dan Google akan menindak X karena tidak menuruti pedoman toko aplikasi dengan menendang aplikasi milik Elon Musk itu dari platform-nya.

Lantas, akankah aplikasi X akan dihukum oleh Apple dan Google jika fitur blokir akun dihilangkan? Tidak sesederhana itu.

Twitter/X masih memiliki fitur mute yang memungkinkan pengguna membisukan akun yang mengganggu meski fitur blokir dihilangkan. Tapi berbeda dengan blokir, pengguna yang di-mute masih bisa melihat dan membalas postingan akun yang membisukan mereka.

Pemilik X juga mengatakan fitur blokir sebaiknya digantikan dengan fitur mute yang lebih kuat. Software Engineer X Aqueel Miqdad juga mengatakan fitur mute yang lebih kuat akan lebih berguna ketimbang blokir.

“Kita bisa membuat mute jadi lebih kuat, seperti tidak mengizinkan orang yang di-mute membalas atau quote postingan kalian.Kita juga bisa memindahkan daftar blokir ke daftar mute,” kata Miqdad, seperti dikutip dari Variety, Selasa (22/8/2023).

“Mencegah akun melihat postingan kalian tidak berfungsi dalam prakteknya. Siapa saja yang punya niat bisa melihat apa yang kalian posting hanya dengan membuat akun baru atau log out,” sambungnya.

X dan Elon Musk sepertinya mengusulkan bahwa fitur mute yang lebih kuat akan setara dengan fitur blokir. Peningkatan ini juga mungkin akan memenuhi kriteria Apple dan Google, sehingga X tidak akan ditendang dari toko aplikasi.

Terkait rencana ini akan diterima oleh Apple dan Google masih belum diketahui. Musk juga tidak mengungkap kapan fitur blokir akan dihilangkan dari X.

Sumber: detikinet