Chip Baru Intel Sierra Forest Diklaim Lebih Efisien

Dapat Kabar – Pada tahun 2024, Intel mengaku akan merilis chip data center baru. Keunggulannya diklaim sangat efisien.

Intel menyebut chip baru dengan nama Sierra Forest ini bakal punya kemampuan komputasi dua kali lebih besar setiap watt yang dikonsumsi, dibandingkan dengan chip serupa yang ada saat ini.

Produsen chip itu melontarkan klaim tersebut di konferensi teknologi semikonduktor yang digelar di Stanford University, Silicon Valley, Amerika Serikat. Menurut Intel, chip Sierra Forest tersebut punya performa 240% lebih baik untuk setiap watt dibanding chip data center generasi saat ini.

Untuk diketahui, data center dikenal sebagai perangkat yang mengkonsumsi listrik sangat besar, dan banyak perusahaan teknologi yang mendapat tekanan dari berbagai pihak untuk mengurangi, atau setidaknya tidak meningkatkan jumlah listrik yang dipakai.

Melansir dari Reuters, Kamis (29/8/2023), hal inilah yang membuat perusahaan pembuat chip seperti Intel harus memfokuskan pengembangan chip yang lebih efisien.

Startup yang didirikan oleh mantan eksekutif Intel, Ampere Computing, merupakan perusahaan pertama yang merilis chip dengan fokus mengurus tugas cloud computing secara efisien. Langkah tersebut kemudian diikuti oleh Intel dan AMD.

Sierra Forest ini dijanjikan akan dirilis pada 2024 mendatang, di mana Intel juga mulai membagi kategori chip data center menjadi dua. Yaitu Granite Rapids, chip yang berfokus pada performa dan mengkonsumsi listrik lebih banyak, dan Sierra Forest, yang lebih efisien.

Pejabat senior Intel Ronak Singhal punya solusi lain soal penghematan. Yaitu mengkonsolidasi software lama ke komputer lebih kecil yang ada di dalam data center.

“Saya bisa menghemat energi dengan memindahkan sesuatu yang ada di lima, 10, atau 15 server berbeda ke dalam sebuah chip chip baru. Kepadatan seperti itu bisa menghemat biaya kepemilikan. Kepadatan yang lebih tinggi, lebih sedikit sistem yang mereka butuhkan,” kata Singhal.

Sumber: detikinet