Cara Menurunkan Kolesterol dengan Buah-buahan

Dapat Kabar – Banyak berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya bisa melalui konsumsi buah-buahan tertentu. Pilihan buah yang bisa dikonsumsi pun beragam. Bahkan buah-buahan yang biasa disantap sehari-hari dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Berikut buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. 

Apel

Buah yang identik dengan warna merah ini mengandung jenis serat larut yang disebut pektin. Kandungan ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Tak hanya itu, apel juga mengandung polifenol, sebuah senyawa antioksidan. Senyawa tersebut membantu menghambat oksidasi LDL atau kolesterol ‘jahat’. Proses ini biasanya menyebabkan penumpukan plak di arteri. 

Jeruk 

Sama dengan apel, jeruk juga memiliki kandungan pektin yang tinggi. Selain itu, buah berwarna oranye ini mengandung zat pitosterol (sterol tumbuhan). Zat pitosterol merupakan sejenis lemak yang membantu menghambat kolesterol agar tidak diserap di usus. 

Jeruk juga memiliki senyawa flavonoid yang disebut hesperidin. Senyawa tersebut dapat menurunkan kada kolesterol dan trigliserida dalam darah. 

Pisang

Pisang bisa mengikat kolesterol agar tidak masuk dan menyumbat pembuluh darah dalam sistem pencernaan. Sebab pisang diperkaya serat larut dan serat tak larut yang cukup tinggi. 

Serat tak larut merupakan serat keras yang tidak dapat dicerna. Ini penting untuk kesehatan pencernaan. Serat larut dalam pisang juka tidak akan dicerna. Melainkan berubah menjadi kental saat bersentuhan dengan cairan. 

Zat seperti gel inilah yang dapat mengikat kolesterol dan membawanya keluar tubuh. 

Tomat

Buah penurun kolesterol yang satu ini kaya akan kandungan likopen. Senyawa kimia ini diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL dalam darah. 

Menurut kepala Cardiovascular Risk and Nutrition Research Group di Barcelona, Spanyol, dr Montserrat Fitó menegaskan, sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat tomat untuk kolesterol. 

Alpukat

Sebuah penelitian dari Amerika membuktikan bahwa mengonsumsi alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Sebab alpukat memiliki lemak tak jenuh (unsaturated) dan serat yang tinggi. Keduanya dinilai baik untuk menurunkan kolesterol. 

American Heart Association merekomendasikan konsumsi serat sebanyak 25 hingga 30 gram sehari. Dengan memakan satu buah alpukat, seseorang sudah mendapatkan 13 gram serat. 

Sumber: Orami