Cara Mengobati Cacar Air: Tips Ampuh Mengatasi Gatal dan Mempercepat Penyembuhan

Dapat KabarCacar air, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster, sering kali dialami oleh anak-anak di bawah usia 10 tahun. Namun, terkadang juga terjadi pada orang dewasa. Jika kamu sedang mencari cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang, ada beberapa metode alami yang bisa membantu.

1. Mandi dengan Oatmeal

Mandi dengan oatmeal dapat memberikan efek menenangkan pada kulit dan mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh cacar air. Caranya, hancurkan oatmeal menjadi serpihan halus dan tambahkan ke bak mandi berisi air hangat. Rendam selama maksimal 20 menit untuk merasakan manfaatnya.

2. Gunakan Soda Kue

Soda kue juga dapat meredakan gatal akibat cacar air. Tuangkan soda kue ke dalam bak mandi yang berisi air suam-suam kuku. Rendam tubuh selama 15-20 menit untuk merasakan efeknya.

3. Oleskan Losion Kalamin

Losion kalamin mengandung seng oksida yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal. Oleskan losion ini pada area kulit yang gatal menggunakan jari yang bersih atau kapas. Hindari penggunaan losion ini di sekitar area mata.

4. Kompres dengan Es

Kompres dengan es dapat memberikan efek pendinginan pada kulit dan meredakan gejala cacar air. Bungkus es dengan handuk dan tempelkan secara lembut pada kulit yang terkena cacar air.

5. Gunakan Teh Kamomil

Teh kamomil mengandung sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang gatal. Seduh teh kamomil, dinginkan, dan gunakan kapas atau waslap yang dicelupkan ke dalam teh untuk mengusap area kulit yang gatal. Tepuk-tepuk kulit dengan lembut hingga kering.

6. Jaga Kebersihan Kulit

Selalu menjaga kebersihan kulit sangat penting dalam mengobati cacar air. Mandi secara teratur dengan air dan sabun yang lembut, keringkan tubuh perlahan menggunakan handuk setelah mandi, dan pastikan untuk menjaga kebersihan tangan. Potong kuku agar tidak melukai kulit dan gunakan pakaian yang tetap kering. Jika perlu, kenakan sarung tangan atau kaus kaki dengan bahan yang lembut saat tidur untuk mencegah anak menggaruk dan melukai kulit.

Gejala cacar air biasanya muncul dalam rentang waktu 10-21 hari setelah terpapar virus. Gejala yang umum meliputi demam, pusing, lemas, nyeri tenggorokan, selera makan menurun, dan munculnya ruam merah yang bisa menyebar ke seluruh tubuh. Ruam cacar air akan mengalami perkembangan dalam tiga tahap sebelum akhirnya sembuh sepenuhnya.

Meskipun cacar air bisa sembuh dengan sendirinya, pengobatan alami seperti yang disebutkan di atas dapat membantu mengatasi gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Jaga kebersihan kulit, berikan perawatan yang tepat, dan segera konsultasikan dengan dokter jika gejala cacar air semakin parah atau ada komplikasi yang muncul.

Sumber : detik.com