Batu Ginjal Terbesar di Dunia Dikeluarkan dari Tubuh Pasien, Ukurannya Sebesar Jeruk Bali!

Dapat Kabar – Sebuah prestasi luar biasa terjadi di Sri Lanka ketika batu ginjal terbesar di dunia berhasil dikeluarkan dari tubuh seorang pasien. Kabar ini mengejutkan karena ukuran batu ginjal tersebut sebesar jeruk bali!

Dilansir oleh CNN Internasional, batu ginjal yang berhasil dikeluarkan di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolombo memiliki panjang mencapai 13,372 sentimeter dan berat mencapai 801 gram. Keberhasilan ini menjadikan batu ginjal tersebut mencetak dua rekor dunia pada tanggal 1 Juni.

Guinness World Records telah mengonfirmasi bahwa kedua rekor yang berhasil dipecahkan adalah rekor batu ginjal terpanjang dan terberat. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh batu ginjal di India dengan panjang 13 cm, dan batu ginjal di Pakistan dengan berat 620 gram.

Batu ginjal terbentuk dari kristalisasi bahan padat di ginjal, ureter, atau kandung kemih akibat faktor genetik dan lingkungan tertentu.

Batu ginjal adalah kondisi yang cukup umum, diperkirakan dialami oleh sekitar 10% populasi di dunia. Namun, sebagian besar kasus batu ginjal dapat dicegah dengan rajin minum air dan mengurangi asupan natrium. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi 2 hingga 3 liter air putih per hari dapat membantu menghilangkan batu ginjal berukuran kecil dengan diameter kurang dari 3 milimeter dengan cara meluruhkannya melalui sistem saluran kemih.

Namun, untuk ukuran batu ginjal yang memiliki diameter di atas 3 milimeter, seringkali diperlukan perawatan yang lebih ekstensif seperti pembedahan untuk mengangkatnya.

Keberhasilan dalam mengeluarkan batu ginjal terbesar di dunia ini memberikan harapan dan pengertian yang lebih baik tentang kondisi batu ginjal serta pentingnya pencegahan dan perawatan yang tepat. Dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko batu ginjal dan menjaga kesehatan sistem saluran kemih dengan baik.

Sumber : cnbcindonesia.com