Apple Gugat Perusahaan Buah Swiss yang Sudah Berdiri 111 Tahun

Dapat KabarApple menggugat sebuah perusahaan buah bernama The Fruit Union Suisse. Apple menggugat perusahaan asal Swiss yang sudah berusia 111 tahun itu karena memiliki logo buah apel.

The Fruit Union Suisse diketahui memiliki logo buah apel berwarna merah. Di dalam buah apel itu terdapat bendera negara Swiss. Selama enam tahun belakangan ini Apple berupaya agar The Fruit Union Suisse tidak bisa menggunakan logo mereka. 

Pasalnya, logo yang dimiliki The Fruit Union Suisse sangat jauh berbeda dengan logo buah apel yang dimiliki Apple. Sepertinya, Apple memiliki pandangan yang berbeda. Mereka bersikeras agar The Fruit Union Suisse yang usia perusahaannya jauh lebih tua dari Apple itu tidak menggunakan logo apel tersebut.

“Kami sangat sulit memahami hal ini karena mereka sepertinya bukan ingin melindungi hak cipta logo perusahaan mereka tapi mereka ingin memiliki semua hak cipta atas buah apel,” jelas Jimmy Mariethoz, Direktur The Fruit Union Suisse.

Mariethoz menyebut buah apel memiliki sifat universal. Semua orang bisa menggunakan buah apel untuk kreativitas mereka. Sehingga Apple tidak bisa menuntut orang karena menggunakan buah apel kecuali memang benar-benar sama dengan logo perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu.

Ia melanjutkan, The Fruit Union Suisse merasa prihatin karena tidak ada kejelasan tentang penggunaan bentuk apel apa yang akan coba dilindungi oleh Apple. Terlebih perusahaan tersebut sangat agresif dalam menuntut hal-hal yang mereka anggapnya sebagai pelanggaran merek dagang.

Sudah Dituntut Sejak 2017

Apple sudah menuntut The Fruit Union Suisse sejak 2017. Hingga saat ini, Apple masih sangat getol menuntut mereka agar tidak menggunakan logo buah apel. “Kami khawatir bahwa representasi visual apapun dari sebuah apel berpotensi terkena dampaknya,” terang Jimmy Mariethoz.

Apple sendiri hingga kini belum berkomentar soal keluhan yang dilayangkan The Fruit Union Suisse. Disebutkan Wired, selama beberapa tahun terakhir, Apple memang kerap melakukan gugatan ke semua pihak yang menggunakan logo buah apel. Bahkan Apple pernah menuntut seorang musisi dan penulis lagu karena menggunakan nama Frankie Pineapple.

Sumber: Okezone